Jumat, 15 Juli 2016

Hari ku Mendung Karena Anyang-anyangan




Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Hai…apa kabar hari ini ?  semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Amin..
senangnya  bisa punya waktu untuk berbagi cerita yang kali ini mengangkat tema tentang penyakit yang rentan terjadi pada wanita. Apakah itu? Namanya sih anyang-anyangan eits ..jangan gagal fokus yah bukan panggilan cinta kekasih lho yah..*uhuk ..(yang jones kecuali..wkwk sudah dipastikan belum punya ) tapi anyang-anyangan dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi saat buang air kecil juga tanda-tanda munculnya infeksi saluran kandung kemih  yang di derita wanita bahkan pria, baik muda hingga dewasa 

Anyang-anyangan jadi mimpi buruk..
Pengalaman awal saya saat merasa anyang-ayangan tidak diketahui tepatnya tapi seingat saya itu sering saya alami semasa SMP hingga kuliah apalagi momennya waktu nahan buang air kecil dan parahnya itu terjadi setiap kali perjalanan jauh, liburan bahkan jalan-jalan.  dulu saya berpikir menahan buang air kecil itu tidak masalah ternyata justru asumsi saya yang salah selama itu membuat saya sering kesakitan, nyeri pada bagian perut bagian bawah setiap kali buang air kecil dan selalu merinding.
Pernah beberapa kali saking gak nahan buang air kecil dikit-dikit, celana saya suka basah mirip orang ngompol kalau dirumah sih bisa ganti celana, coba bayangkan  itu terjadi waktu di atas jembatan. Padahal saya diajak untuk menikmati festival tahunan di kotaku dan saat itu sedang ada lomba dayung atau disini kami bilang “Besei Kambe” dari atas jembatan. tapi dari keluar mobil saya Cuma bisa nempelin badan di mobil sambil nutupin belakang. “Ra, coba sini deh, tuh liat rame tauuu..” seperti orang gak kalah akal Cuma bisa bilang gini “gak ah, takut ketinggian”. Padahal takut ketahuan ngompol aja dan untunglah itu masa-masa abegeh…haha
semasa remaja beranjak dewasa, anyang-anyangan juga terjadi karena kebiasaanku yang suka banget didepan laptop yang bikin "nanti-nanti" buang air kecil akibatnya duduk jadi gak betah dan kerjaan gak cepat selesai
Pernah juga saya mengalami anyang-anyangan ketika saat haid, rasanya itu kayak gado-gado tapi aman sih gak bocor karena pakai pembalut, Cuma rasa bad mood gak ketolongan saya pernah tiduran di UKS di tengah jam belajar karena Selain nyeri saat haid datang, nyeri pada saat anyang-anyangan bikin gak konsentrasi belajar. 
Saya menyadari gejala infeksi saluran kemih ini waktu saya memiliki tubuh yang mulai berisi (singkat kata : gendut)  dan itu ketika kuliah, saran teman saya untuk diet dan  memperbanyak minum air otomatis siklus buang air kecil juga sering dan banyak, semenjak itulah saya sadar kalau saya sering sakit saat buang air kecil sedikit-sedikit karena kurang minum air putih. (meskipun istilah diet itu gagal..wkwk yang penting sehat aja sudah cukup).  

Mengapa  wanita termasuk saya mudah sekali anyang-anyangan?

waktu remaja puber, kurang banget memperhatikan yang begituan, minim banget mencari tahu karena ini Cuma sepele saja tapi Alhamdulillah semenjak kuliah hingga sekarang setelah menikah punya dua anak, saya tidak malas untuk  banyak tahu sebab akibat  segala penyakit yang ringan maupun berat  karena bagi saya seringan apapun penyakit pasti akan berdampak besar jika di abaikan begitu saja.  Kenapa wanita lebih rentan? Karena wanita itu diciptakan begitu special dan rumit..hahayy  seperti  lubang saluran kemih, liang*maaf- vagina, dan lubang anus yang letaknya berdekatan dan saling terbuka. Beda dengan pria diciptakan begitu simpel, dimana lubang saluran kemih menjadi satu dengan saluran reproduksi dan tertutup oleh kulit..hoho
Anyang-anyangan itu mudah terjadi karena kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang minum air putih..
Wanita yang hamil, sering cemas,
Wanita yang  terlalu banyak minum minuman  yang berefek diuretic (alcohol,teh,kopi,dsb)
Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi, terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
Wanita yang Memiliki kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir yang menyebabkan urine tidak dapat keluar dari tubuh secara normal
Wanita yang mengalami masa menopause,karena kurangnya kadar estrogen mengubah keadaan imun kandung kemih
Wanita yang mengalami diabetes, sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa melawan bakteri.
Wanita yang menggunakan kateter untuk buang air kecil. Dsb..

Seperti apa tanda-tanda kita mengalami anyang-anyangan?
Tandanya kita jadi lebih sering bolak balik toilet dengan volume yang sedikit-sedikit, perih dan panas saat buang air, urinenya berbau,dan berwarna keruh,kalau aku sering sekali merasa nyeri pada panggul, entahlah bulu kuduk juga sering merinding mungkin efek buang air yang semakin sedikit dan terlalu sering
.
Apakah Anyang-anyangan menyebabkan Kanker ?
FYI  anyang-anyangan tidak menimbulkan kanker tapi proses itu terjadi yang di timbulkan karena menahan buang air kecil berpotensial memicu pertumbuhan sel-sel kanker. seperti infeksi pada kandung kemih, infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal yang jika semakin parah membuat bakteri dan kuman berkembang pesat dan menjadi sel kanker yang berbahaya sepeti kanker prostat, kanker rahim, kanker serviks, dan kanker kelenjar getah bening.
Bagaimana mengatasi Anyang-anyangan agar tidak terjadi infeksi kandung kemih, saluran kemih hingga infeksi ginjal ?
1.      Menghilangkan kebiasaan menahan buang air kecil itu sangat penting, biasanya kita sering sekali menahan  buang air dengan berbagai alasan padahal yang harus kita ketahui bahwa menahan buang air kecil berarti menahan pembuangan kotoran dalam tubuh, mengganggu organ pencernaan  dan proses pencernaannya.



2.      karena jarak antara saluran kemih pada wanita yang meneruskan urine dari kandung kemih terletak dekat dengan anus.  Salah dalam membersihkan setelah buang air besar seperti menyiram air dari arah belakang ke depan memicu bakteri E. coli mudah masuk kedalam saluran kencing dan menginfeksi kandung kemih.( yang kebiasaan ini pasti sering banget kan kita lakukan, ayoo ngacung..?!)  Jadi langkah yang benar adalah sebaliknya dari arah depan ke belakang untuk menjaga saluran kemih dan organ intim tetap bersih dari bakteri di anus/dubur saat buang air besar.

Tips ringan : setiap melakukan perjalanan jauh, pastikan selalu membawa tisu,  ataupun air bersih dalam kemasan karena terkadang WC umum yang kita singgahi kurang dalam kebersihannya.

3.       Mengurangi kebiasaan memakai celana dalam  ketat, karena  saat kita berjalan otomatis celana akan tergesek dari arah depan ke belakang dan juga sebaliknya secara langsung bakteri dan kuman mudah cepat berpindah  dari anus ke dalam saluran kemih dan menginfeksi kandung kemih. Selain itu  menggunakan celana dalam yang ketat juga menimbulkan berbagai  penyakit yang menyerang organ intim lainnya seperti keputihan yang mengganggu daan memicu pertumbuhan bakteri,kuman dan jamur  yang  membuat kita tidak nyaman.

Tips ringan :  gunakan pakaian dalam yang berbahan nyaman dan sedikit longgar, yah.

4.      Memperbanyak minum air  putih dan memakan makanan yang berserat tinggi . bagaimana pun asupan nutrisi dan vitamin di perlukan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Tips ringan :  jangan terlalu memperbanyak aktifitas berlebihan jika tubuh kurang minum air putih.
 Minum air saja tidak cukup, ada cara alami untuk mencegah anyang-anyangan yaitu meminum ekstrak buah cranberry.

Kelebihan buah cranberry
Cranberry membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi kandung kemih atau bahasa latinnya vaccinium oxycoccos  karena memiliki antioksidan  disebut juga proanthocyanidins yang di kenal memiliki sifat anti-dhesi membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih dan mencegahnya berkembang, tanaman jenis berry ini biasanya tumbuh liar,  memiliki warna merah tua yang menggoda. Buah ini begitu popular sebagai sumber vitamin, mencegah sariawan dan antioksidan yang ekstraknya juga sudah di uji secara klinis pada bulan April 2004 oleh pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA  dan mengijinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai  anti bakteri pada kesehatan saluran kemih.
Sekarang buah cranberry kini ada ekstraknya di dalam PRIVE URI-CRAN.
apa itu Prive Uri-cran?
Prive Uri-cran hadir sebagai yang pertama di Indonesia dalam memelihara kesehatan saluran kemih yang dapat kita temui di berbagai apotik dan supermarket, yang di produksi oleh combiphar  (aku mah selalu cocok sama obat-obatnya..hoho)
Produk Prive Uri-cran ini masih tergolong baru dan susah sih mencarinya,kebetulan di kotaku belum ada yang jual, (inilah minimnya pengetahuan masyarakat karena menganggap sepele suatu penyakit dan kemungkinan juga mereka baru mengetahui produk ini). Next time, semoga tersedia di seluruh Indonesia bahkan pelosok daerah (derita yang tinggal di pelosok nih..)
 produk ini  obat bukan obat  tapi lebih mearah ke minuman berbahan dasar ekstrak buah cranberry (250 mg) dan proanthocyanidin ((PAC) 18 mg) berbentuk kapsul yang dapat di minum 1-2 kapsul per hari dan manfaatnya untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

dan serbuk (prive uri-cran plus) yang dapat dicampur dalam air (buat yang susah nelan kapsul) yang mengandung ekstrak cranberry (375 mg), vitamin (60 mg),bifidobacterium bifidum (0,1 mg), lactobacillus acidophilus (0,1 mg), frukto oligo sakarida (0,1 mg), kalsium laktat glukonat (0,1 mg) bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan dan di anjurkan diminum 1-2 sachet per hari.

Nah, cukup sekian bla-bla dari saya rujukan terakhir “periksalah lebih lanjut ke dokter” ..haha  semoga ini membantu rasa penasaran kamu tentang penyakit Anyang-anyangan yang sering kita alami mulai dari sebab akibat, cara mengatasinya dan solusinya dengan mencoba prive uri-cran untuk lebih lanjut secara detail tentang produk ini bisa secara langsung like fanpagenya dan bertanya lebih lanjut tentang harga, dimana prive uri-cran tersedia dan sebagainya  di facebook Prive Uri-Cran pasti langsung di tanggap saat jam kerja.
sekian dulu semuanya,  terima kasih dan Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..




                                                                                                                                             

Insun Power : Mewujudkan Bukan Lagi Menjadi Mimpi

sebagai seorang ibu tentu saja sudah menjadi kewajiban untuk mengatur keuangan, tapi bagaimana jika semua kebutuhan menjadi serba...